Thursday, December 6, 2012

30 hari mencari C___ di germany ;)

hari ini hari ke 3 aku kuliah di germany..sumpah ngga tau aku harus bilang apa. rasa seneng gue hari ini nggak bisa diungkapkan dengan kata - kata..semuanya serba surprise,,semuanya serba menyennagkan dan satru lagi semuanya serba membuatku bersSYUKUR pada Allah..bahwa Allah itu bener bener sayaaaang gue,,

nangis iyaa,,seneng iyaaa..( dasar manusia labil) dan nggak galau lagi :O

satu sisi di jerman.,
kelas hari ini dimulai dengan kelas standart experiment learning. aku bergabung dengan anak - anak pendidikan kimia semester 5 disini..we got an experiment and its was so amazing..aku punya teman,,kay,,dario,,claudia,,,mely dan yang lainya..kita ber 16,,sehabis kelas dengan dr. Anne tadi aku semakin yakin  bahwa aku harus membenahi sistem pendidikan di Indonesia. minimal aku mulai dengan diri sendiri.
mereka belajar mengajar dan diajar dengan tanpa paksaan..mereka semua sangat bersemangat untuk memulai pembelajaran dan melakukan suatu kegiatan praktikum..
saat kelas praktikum dimulai..mahasiswa yang berada jurusan untuk mengajarkan secara simple materi yang ada dengan praktikum yang sudah mereka lakukan sebelumnya..dalam 1 hari ini,,aku dan teman2 beljar 4 jam untuk praktiku. praktikum hari ini ada 8 jenis praktikum dan semuanya dikerjakan dengan mudah karena mereka sudah menguasaai konsep yang ada secara simple juga,,sehingga 4 jam untuk kegiatan praktikum sebanyak 8 jenis praktikum bukan merupakan  sesuatu yang sempit. laporan yang harus mereka buat pun tidak bertele tele seperti kelasku di indonesia. cukup dengan bagaimana konklusionya dan cara kerja yang harus mereka ajarkan pada murid muridnya. jelas itu bukan sesatu yang sulit bagi mereka,,(semoga bagiku juga)  setelah itu, mereka akan mengajar dan melakukan praktikum pada murid sma mereka sama dengan apa yang mereka lakukan hari ini..sehingga miss conception itu akan jarang terjadi. pun ada itu tidak terlallu bahaya karena memang praktikumnya enteng..

ELEKROKIMIA DAN ELEKTROFORESIS SEPERTI HARI INI CONTOHNYA;
Pada praktikum ini semua mahasiswa sudah mendapatkan worksheet tentang cara kerja dan data pengamatan serta handbook berisi materi yang relevan..sehingga pas praktikum sebelumnya sih ada penjelasan tentang e nol dsb oleh asisten praktikum..lalu mereka melakukan praktikum tanpa banyak bertanya pada asisten mereka sudah ngerta apa yang harus meereka lakukan..

*to be countinued ( sik aku arep praktikumen lagi cak)

No comments:

Post a Comment